mengingat-ingat masa lalu

Nggak bakal ada hari ini kalo kita nggak ngejalanin kemarin.

Hmm.. well, aku pengen certain masa kecilku dulu.. yah nggak semuanya, seingetku aja..

Aku mulai dari pertama kali mama mau masukin aku ke TK yah.. Waktu itu aku lagi belajar menali plastic kerupuk di sofa rumahku (yg dulu, yg lebar dan punya halaman belakang yg memungkinkan bgt buat maen lompat tali tanpa kena omel Bum), tiba-tiba mama bilang dari dapur, “Dek, besok kita ke TK yah.. Naek jemputan yg biasanya jemput mbak ind itu loh.. bangunnya pagi-pagi..” setelah itu aku penasaran bgt apaan sih yg dimaksud TK dan apa sih gunanya aku dimasukin ke grup begituan..


Besoknya aku ke TK, pertama kali aku naek mobil jemputan yg baunya apek itu.. Mengerikan sekali, setiap hari sejak hari itu aku harus berada dalam kesesakkan didalamnya.. oh iya.. mungkin waktu itu udah ada vivi.. tapi peduli apa sama anak tetangga yg suka ikut-ikut style aku senam aerobic.. oh iya, sebelum itu aku sama vivi suka ikut mama-mama kami senam aerobic di blok belakang..

Yahaa.. hari hari mengerikan di TK dimulai sejak kali pertama aku naek mobil jemputan putih itu dan muntah-muntah setelahnya.. it’s OK then.. aku dengan mudahnya kenal dengan beberapa anak disitu karena kehebohan mama menjajakan tupperware-nya ke ibu-ibu anak-anak itu sambil nungguin aku di sekolah (penjara maksudnya, dengan kepala sekolah yg bermata elastis, melotot seenaknya ke anak-anak).. di kelas A aku udah bisa baca Koran dan majalah bobo (atau majalah femina mungkin, gambarnya lucu sekali) walaupun badan aku sekecil upil cungkring.. diliat penampilan, kayaknya aku lebih pantes pake celana aja deh dari pada dress itu.. kayaknya nggak biasa aja pake baju yg bawahya bolong gitu, rasanya angin berhembus dengan bebasnya lewat bawah, dan setiap aku mau manjat ‘pelorotan’ rasanya susah sekali buat melangkahkan kaki lebih lebar.. untung aja lama kelamaan sesuai dengan pertumbuhan rok itu semakin memendek dan itu semakin memudahkan lari dan panjatanku..

Pas hari minggunya aku lebih sering diajak temen-temen masku dari pada temen-temen mbakku yg centil dan pedandan itu.. menurutku anak cowo itu lebih penyayang sama anak kecil meskipun stick drumnya dibawa kemana-mana dari pada cewe yg bisanya cuma melotot dan ngomel liat lipsticknya dipake nulis sama anak kecil.. huuhh.. biasanya aku dan masku serta temen2nya mancing di bendungan deket rumah. Kadang-kadang muter-muter berdua sama mas liat rusa disitu.. abis itu dibeliin es puter sama mas, tapi akhirnya aku juga harus nungguin masku sama temen-temennya atau sama sepupu.. kalo lagi cuma bersua aja sama sahabatnya, masku paling ngajakin manjat pohon carsen di deket pos satpam.. aku suka bgt manjat sampe tengah2nya, anginnya asyik bgt waktu aku duduk di situ..

Setelah setaun maen-maen di kelas A aku pindah ke kelas B.. pindah kelas ke depan.. hihi.. lucu sekali, aku sudah mulai mengenal geng dan gengku mengenal kata pacar.. apaaaaan tuhh???!!! Turuti saja kata mereka.. seingetku, ada beberapa yg dominan diatara gengku.. ada yg namanya Vinka, cantik, cantik sekali.. mamanya juga, apalagi mamanya maksudku, lebih cantik dan tinggi seperti Barbie.. aku pernah mengira vinka punya pabrik Barbie di rumahnya.. lalu satu lagi yg dominan namanya rani, cengeng sekali dan masih ngedot.. haha.. konyol sekali.. aku nggak pernah ngerasain dot, dan sampe sekarang pun aku masih ngiler liat adekku ngedot.. sepertinya enak sekaliii… si rani ini bilang punya pacar namanya roy (cowok item kecil dan doyan njungkel di depan kelas).. rasanya ingin sekali aku tertawa terbahak-bahak waktu itu, tapi gengsi dan aku dulu sangat pendiam dan cool.. dan yg terakhir aku inget bgt namanya Cindy.. cewe sederhana yg nggak neko-neko di geng kami.. rambutnya keriting dicepol dua.. aku iri sekali sama rambutnya itu.. jauh dengan rambutku yg lurus sepundak dengan poni penuh di dahi.. culun sekali aku!! Dan sekarang Cindy jadi temen SMP aku, jauh sekali sama kecilannya yg kalem.. tapi tetep aja tanah lotnya dari kecil masih ada.. aku inget bgt gimana moodynya Cindy, makannya dulu aku maennya sama rani aja, Cindy diem bgt dan gampang nangis.. haha.. dulu lohh..

Pas kelas B aku diikutin ke les baca tulis.. hell.. aku udah bisa baca majalah tapi masih dikursusin.. oh iya, aku nggak bisa nulls huruf o yg bener-bener bunder.. disitu aku suka bgt pelajaran mencocok.. tapi lama kelamaan bosen soalnya lama.. akhirnya setelah latihan menggunting dengan lancar seminggu sama bapak dan dibeliin gunting warna pink (ikut-ikutan geng jadi penggila warna pink), aku nyelesaiin acara mencocok 2 menit saja.. haha.. lesku keren bgt, aku punya tas biru tua yg kesannya privasi bgt dari lesnya.. isinya tugas-tugas rumah dan catatan-catatan penting gitu..

Kalo pas hari les, aku sama mama dijemput sama mas wahyu.. naek motor barunya yg jaman2 ono lagi ngetren bgt.. motor cowo yg nugging dan bikin sesek napas.. katanya biar pacarnya mas seneng.. seneng nggak bisa napas gitu? Gila..

Oh iya, pernah sepulang sekolah diajak pacarnya mbak naek mobilnya cuma buat beli donat.. pamer bgt.. metang-mentang tajir aja dimanfaatin sama mbak.. minta beliin ini itu.. haha.. pinter.. tapi masa aku nggak diperhatiin sih sama mas raditya itu.. sampe kejedot kaca mobil juga yg ribut cuma mbak doang.. mana pake suap-suapan donat segala.. hey hey.. aku yg umurnya belom nyampe 6 taon aja udah bisa makan pindang tanpa disuapin..

Pas kelulusan aku disuruh nari lir lir.. menurutku gampang bgt. Cuma suruh muter-muter tangan aja pake audisi segala..aku dapet dibarisan belakang soalnya aku tinggi.. TINGGI pas TK aja, sesudahnya kayaknya udah berhenti tumbuh.. tapi nggak papa lah.. aku pake dodotan warna biru dan pita pink, ndeso.. make upnya juga menor abis.. kayaknya kalo bum udah jadi pacar aku dulu langsung deh ngajuin permohonan putus.. harusnya acara perpisaha yg nangis murid-muridnya, tapi malah ibu-ibunya.. nangis sampe ngabisin tisu di ruang kepala sekolah, katanya ntar pisah SD arisannya nggak bisa lanjut.. urgh.. kriekk..

Segitu aja deh cerita masa kecilku, SD keatas itu udah gede.. jadi kepanjangen kalo dibahas..

Gimana pun, aku pengen maen ‘perosotan’ di TK itu lagi dan pake seragam biru TK yg keren itu..